22.1 C
Indonesia

Penyebab Motor Brebet Saat di Gas, ini Cara Mengatasinya!

Published:

Ada beberapa penyebab motor brebet saat di gas pada rpm tinggi ataupun RPM rendah. kondisi yang muncul saat motor berjalan dalam keadaan tersendat sendat saat pengguna memutar gas lebih dalam menandakan bahwa ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin.

Kurangnya perawatan yang intensif sering kali menjadi penyebab motor brebet saat di putaran tinggi atau bawah. Selama mesin masih hidup, komponen akan terus bergerak dan part bekerja keras. Hal inilah yang sering membuat kinerja beberapa komponen pada motor bisa menurun kemampuannya.

Baca Juga: Sepeda Listrik Reevo Pakai Roda Hubless Dibandrol 70 juta!

Akan tetapi, ini bukan alasan untuk membiarkan motor brebet terus menerus tanpa mengatasinya. Di artikel kali ini, kami akan berbagai informasi seputar motor brebet, penyebab, serta cara mengatasinya motor brebet . Sehingga kamu tidak akan lagi terganggu setiap kali motor digas brebet.

Bahan Bakar Tidak Sesuai

penyebab motor brebet saat di gas
source: freepik.com

Penyebab motor brebet saat di gas atau tersendat yang utama adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan. Biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuikan dengan mekanismen mesin agar performa sepeda motor bisa lebih optimal.

Solusinya gunakan bahan bakar yang sesuai anjuran dari pabrikan. Sering kali pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang dianjurkan pabrikan, sehingga bisa mengakibatkan motor bermasalah seperti motor brebet saat di putaran bawah.

Motor Brebet Saat di Gas Busi Kotor Atau Rusak

Busi berfungsi sebagai sistem pengapian yang menjadi sumber api untuk pembakaran di ruang mesin saat proses kerja. Apabila busi dalam kondisi tidak prima, seperti kotor, ataupun terlalu renggang dan mengalami kerusakan, maka akan membuat pembakaran menjadi kurang sempurna dan motor brebet. 

motor brebet saat di putaran bawah

Jarak busi yang terlalu renggang akan berpengaruh terhadap sistem pengapian dan mempengaruhi suhu dari motor. Pengapian busi yang bermasalah secara tak langsung akan membuat pembakaran bahan bakar dan udara tidak sempurna. 

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kondisi busi dalam keadaan bagus, dan celah busi sesuai dengan spesifikasi. 

Air Masuk Ke Tangki Bahan Bakar

Penyebab motor brebet bahkan membuat motor tidak bisa menyala adalah masuknya air ke tangki bahan bakar. Air akan menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor, saat hujan atau membeli bensin eceran. Solusi yang bisa dilakukan hanyalah menguras tangki bensin kemudian menggantinya dengan yang baru.Selain itu  juga perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air. Selama pengurasanjuga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin.

Penyeybab Motor Brebet Filter Udara Kotor

Filter udara juga bisa menyebabkan motor brebet. Pasalnya filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin lebih sempurna.

Jadi apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat motor brebet saat di gas

Baca Juga: Honda CBR250RR Facelift: Ini Perubahan dan Spesifikasi detailnya

Solosi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan rutin terhadap filter udara, harus rajin membersihkannya agar sistem pembakaran tetap sempurna dan membuat laju motor tetap nyaman. Apabila filter udara sudah kotor banget, maka  jangan segan-segan untuk menggantinya masa filter udara yaitu per 16.000 km harus diganti. Pasalnya filter udara yang mampet bisa menyebabkan motor brebet dan mesin mati secara mendadak.

Sensor Injeksi Rusak

Sensor Injeksi atau Injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila Injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan Injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor brebet saat di gas

Solusi dengan rutin melakukan servis ke bengkel resmi, sehingga jika injektor kotor bisa segera dibersihkan. Jangan lupa juga menggunakan jenis bahan bakar standar yang dianjurkan.

Fuel Pump Kotor

Fuel Pump berguna untuk memompa bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Apabila saringan bensin kondisinya kotor, maka bisa bisa mengakibatkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis dalam menyebabkan motor brebet saat di gas.

Solusinya mengecek kondisi Fuel Pump dan saringan bensin, apabila kotor maka harus segera dibersihkan jika perlu diganti.

Setelan Klep Tidak Sesuai

Apabila setelah klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal tersebut berakibat terhadap pencapuran bahan bakar, udara, dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet saat di putaran bawah atau tinggi.

Solusi sebenarnya bisa diketahui sejak dini jika anda rutin melakukan perawatan ke bengkel resmi. Karena teknisi akan menyetel ulang klep sehingga performa motor kembali normal. Namun jika jarang servis, maka penyebab motor brebet bisa jadi karena masalah klep ini.

Nah itulah beberapa penyebab motor brebet dan cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat dan jika kamu mempunyai pengalaman yang sama silahkan bagikan pada kolom komentar yaa. dan jangan lupa subcriber karna masih banyak informasi yang akan otomotifaulia bagikan.

otomotifaulia
otomotifauliahttps://otomotifaulia.com
otomotifaulia adalah portal berita otomotif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat pembacanya, di era perkembangan industri dan teknologi otomoitf.

Related articles

Popular Articles