22.1 C
Indonesia

Motor Mogok Setelah di Cuci? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Published:

Ini bisa membuat frustasi ketika sepeda motor tiba-tiba mogok, terutama setelah Anda baru saja mencucinya secara menyeluruh. Ada beberapa penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi, dan pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa penyebab umum motor mogok setelah di cuci .

1. Air di Kotak Filter Udara

Salah satu penyebab paling umum mengapa sepeda motor mogok setelah dicuci adalah air di kotak udara. Hal ini dikarenakan filter udara terletak di dalam airbox, dan jika air masuk ke dalam airbox, maka akan terperangkap di dalam filter udara sehingga menyebabkan motor Anda mogok.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya tutup airbox dengan kantong plastik sebelum mencuci sepeda motor. Ini akan membantu mencegah air masuk ke kotak udara dan merusak filter udara.

Baca Juga: Penyebab Motor Brebet Saat di Gas, ini Cara Mengatasinya!

2. Motor Mogok Akibat Busi Basah

Penyebab umum lainnya dari kerusakan sepeda motor setelah dicuci adalah busi basah. Jika air masuk ke lubang busi, dapat menyebabkan busi menjadi basah, yang dapat menyebabkan misfire dan macet.

mengatasi motor mogok setelah di cuci

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya tutup lubang busi dengan kantong plastik sebelum mencuci sepeda motor. Anda juga dapat melepas busi setelah mencuci dan mengeringkannya dengan kain sebelum memasangnya kembali.

3. Komponen Listrik Basah

Air juga dapat merusak komponen kelistrikan sepeda motor Anda, seperti aki, koil pengapian, dan wiring harness. Jika komponen ini basah, mereka dapat mengalami kegagalan fungsi, yang menyebabkan sepeda motor Anda macet.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya tutupi komponen kelistrikan dengan kantong plastik atau penutup kedap air sebelum mencuci sepeda motor Anda. Anda juga harus menghindari penggunaan semprotan air bertekanan tinggi di dekat komponen listrik.

4. Karburator Basah Bikin Motor Mogok

Jika sepeda motor Anda memiliki karburator, air juga dapat masuk ke karburator dan menyebabkannya tidak berfungsi. Hal ini dapat mengakibatkan kemacetan atau kinerja yang buruk.

Baca Juga: Apa itu Arus AC dan DC dalam Pengisian Daya Kendaraan Listrik?

motor tiba-tiba mogok

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya tutup karburator dengan kantong plastik sebelum mencuci sepeda motor. Anda juga harus menghindari penggunaan semprotan air bertekanan tinggi di dekat karburator.

Kesimpulan

motor mogok setelah dicuci bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain air pada airbox, busi basah, komponen kelistrikan basah, dan karburator basah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan sebelum mencuci sepeda motor, seperti menutup airbox, lubang busi, komponen kelistrikan, dan karburator dengan kantong plastik atau penutup kedap air.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat membantu memastikan sepeda motor Anda tetap dalam kondisi baik dan berjalan lancar setelah dicuci.

otomotifaulia
otomotifauliahttps://otomotifaulia.com
otomotifaulia adalah portal berita otomotif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat pembacanya, di era perkembangan industri dan teknologi otomoitf.

Related articles

Popular Articles