21.4 C
Indonesia

8 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Published:

Tips membeli mobil bekas murah berkualitas memang tak semudah yang dibayangkan, karena membeli mobil bekas itu gampang – gampang susah dan harus melalui proses yang tepat agar kamu tidak menyesal kemudian hari. Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas dibanding mobil baru. apa saja itu?

Pertama harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu mahal. Karena setiap tahunnya ada kemungkinan pajak tahunan dapat berkurang tergantung dari berapa harga pajak kendaraan baru yang dimiliki.

Baca Juga: Honda Civic FD: Primadonanya Anak Muda Masa Kini!

Kemudian bagi kamu yang memiliki simpanan uang tak begitu banyak, mungkin membeli mobil bekas murah menjadi pilihan daripada harus membeli mobil baru dengan harganya lebih mahal. Tapi apakah tepat jika ingin membeli mobil bekas dalam kondisi seperti saat ini?

Meski dapat menghemat pengeluaran, ada sejumlah tantangan tersendiri saat membeli mobil bekas. Tentunya, membeli mobil bekas tentu harus penuh dengan kehati-hatian. Terburu-buru dalam membeli bisa mengakibatkan kerugian di kemudian hari. Terutama bagi kamu yang masih belum paham terkait memilih mobil bekas untuk pemula atau cara mengecek mesin mobil bekas itu sendiri.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saat ingin membeli mobil bekas. Tujuannya agar kamu dapat mobil berkualitas. Berikut ini Otomotifaulia akan memberi tau hal-hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan membeli mobil bekas.

1. Beli mobil sesuai budget yang dimiliki

cara membeli mobil bekas murah
source: freepik.com

Sebelum memilih mobil bekas yang akan ingin dibeli, tips membeli mobil bekas murah matic ataupun manual paling pertama adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin kamu beli. Sehingga kamu sudah bisa merencanakan skema pembayarannya, perawatan, modif dan tidak akan mengganggu keuanganmu di kemudian hari.

Sebab, membeli mobil bekas pasti akan memerlukan biaya tambahan, seperti perawatan tambahan atau memang perlu ada penggantian komponen. Belum lagi, harus membeli bahan bakar atau asuransi tambahan.

2. Buat list mobil bekas yang direncanakan untuk dibeli

Di beberapa negara, mobil sedan seperti Honda Accord, Honda Civic atau Toyota Camry, jadi mobil bekas yang banyak dicari. Cuman, kedua mobil Jepang tersebut masih dalam kategori bekas dengan kualitas tinggi dan harganya juga tinggi.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih tiga mobil yang benar-benar mewakili kebutuhan keseharian pribadi, termasuk ulasan anggaran.

3. Ketahui bagaimana riwayat kendaraannya

membeli mobil bekas berkualitas
source: freepik.com

Jika membeli mobil bekas, ada baiknya membeli dari anggota keluarga atau teman dekat. Tentu saja track-record kendaraan akan diketahui tanpa ditutup-tutupi. Dengan itu, bisa melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau polisi. Sebab, mobil juga bisa dicek dari Nomor Induk Kendaraan (NIK) atau plat nomor.

Kamu juga bisa memastikan kondisi mobil incaran dengan memeriksa riwayat service kendaraan. Perhatikan juga pemilik sebelumnya apakah telah melakukan perawatan berkala dengan disiplin dan terdokumentasi dengan baik pada catatan atau buku servis.

Jika pada akhirnya kamu menemukan bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan, banjir atau tidak terawat dengan baik, maka sebaiknya hindari saja.

4. Cek kondisi interior & eksterior mobil

Hal yang perlu mendapatkan pengecekan selanjutnya adalah pada bagian bodi dan eksterior mobil. Kamu perlu memperhatikan setiap komponen bodi mobil, apakah masih terlihat dan dapat berfungsi dengan baik.

Cek kondisi interior & eksterior mobil
source: freepik.com

Jangan lupa, perhatikan juga jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata. Pastikan semua komponen bodi masih dalam keadaan lengkap. Detail lainnya yang biasanya terlewat adalah pengecekan pada celah bodi dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil.

Pastikan mobil tidak mengalami modifikasi berlebihan pada struktur, warna atau mesin di dalamnya. Hindari juga memilih mobil yang sudah dimodifikasi jika memang berminat untuk menggunakannya demi mobilitasmu. Ada baiknya cek komponen yang baru diperbaiki, karena bisa saja menjadi bekas tabrakan atau baret indikasi kecelakakaan.

Selanjutnya, saat kamu akan melakukan pemeriksaan kondisi mobil, mulailah dengan periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsinya. Misalnya saja AC, sistem audio, dan switch lampu. Kamu juga harus pastikan semua fitur dapat berfungsi dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

5. Tips membeli mobil bekas, test drive dan performa mesin

Tips membeli mobil bekas, test drive dan performa mesin
source: freepik.com

Mesin merupakan salah satu bagian terpenting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin pada mobil bekas harus dengan cermat dan teliti.

Periksa juga secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, kamu bisa melakukan test drive jika showroom atau dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.

Baca Juga: Toyota Innova Zenix: ini bocoran sepesifikasi dan harganya

Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil, dengan begitu bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak. Berikut cara mengecek mesin mobil bekas yang perlu diperhatikan saat test drive.

  • Hidupkan mesin mobil.
  • Kemudian, perhatikan bunyi mesin yang menyala.
  • Jika mesin terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah distarter, artinya kondisi mesin masih bagus.
  • Sebaliknya, jika mobil ternyata berbunyi kasar, maka tanyakan kepada pemilik atau penjual mobil, mengapa hal seperti ini terjadi dan cek kerusakannya.
  • Apabila hal ini terjadi, kamu perlu pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.

6. Pastikan mobil bukan bekas terkena banjir

Kamu juga harus memastikan bahwa mobil bekas yang akan kamu beli tidak pernah terkena banjir. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah tanyakan kepada pemiliknya apakah mobil tersebut pernah atau tidak terkena banjir.

Lalu, periksa seluruh bagian mobil apakah ada ciri-ciri yang menandakan bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir atau tidak. Untuk mengecek apakah mobil pernah terkena banjir, Berikut ini ada 7 ciri-ciri mobil bekas terkena banjir yang bisa kamu perhatikan agar tak salah membeli mobil bekas:

  1. Alat elektronik di dalam mobil bermasalah, mulai dari perangkat hingga sistem kelistrikannya.
  2. Terdapat endapan lumpur di sudut-sudut interior dan bagian mesin yang tersembunyi.
  3. Terdapat campuran air di dalam oli mesin mobil karena air banjir masuk ke bagian penampungan.
  4. Terdapat karat yang terlihat baru di berbagai sisi mobil.
  5. Mobil memiliki bau tidak sedap. Meski hal ini bisa diatasi dengan mencuci mobil hingga bagian interior, namun kamu tetap harus memastikannya.
  6. Pastikan daerah asal mobil, jika berasal dari area yang terkena banjir, kamu harus semakin cermat dalam menelitinya.
  7. Harga yang terlalu murah. Karena ingin lekas dijual dan dicairkan, biasanya mobil bekas banjir dipatok dengan harga yang sangat rendah.

7. Cek kelengkapan surat

Surat-surat kendaraan merupakan hal penting yang juga wajib kamu teliti dan perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan kamu mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan dan teliti keaslian BPKB dan STNK mobil bekas tersebut, sebab saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Kamu juga wajib memastikan bahwa mobil yang akan kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan demikian, BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka akan mempermudah kamu untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

8. Membawa mekanik untuk survei lebih lanjut

Peran mekanik atau temanmu yang ahli di sini merupakan salah satu tips membeli mobil bekas online maupun offline yang berkualitas. Jika kamu masih pemula dalam dunia otomotif, tidak perlu khawatir saat ingin membeli mobil bekas. Karena, kamu masih bisa membawa mekanik ahli atau teman yang sudah paham mengenai mobil dan komponennya. Dengan keahlian yang dimilikinya, mekanik bisa mendeteksi kondisi mobil bekas tersebut, termasuk jika nantinya akan ada kerusakan atau kekurangan. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengecek mesin mobil bekas.

Baca Juga: 4 Fakta Mobil Listrik Toyota bZ4x yang harus kamu tahu!

Tips membeli mobil bekas murah online maupun offline yang satu ini penting supaya kamu tidak mudah tergoda dengan promosi dari penjual. Dengan bantuan mekanik ahli, kamu pun akan merasa menjadi lebih yakin dalam membeli mobil bekas pilihan yang sudah lama diincar.

Nah itulah beberapa tips penting yang harus kamu ketahui saat ingin membeli mobil bekas. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan jika kawan – kawan mempunyai pengalaman membeli mobile bekas boleh dong untuk dibagikan pada kolom komentar dibawah.

otomotifaulia
otomotifauliahttps://otomotifaulia.com
otomotifaulia adalah portal berita otomotif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat pembacanya, di era perkembangan industri dan teknologi otomoitf.

Related articles

Popular Articles